promo

Teknologi Robot I Wayan Si "Iron Man" Bohongan? Simak Ulasannya

I Wayan Sumardana alias Tawan (31), yang dijuluki media sebagai Iron Man asal Bali, mendapat reaksi luar biasa di media sosial.  Sebelumnya, Wayan, mengaku menciptakan tangan robot yang dipakainya sendiri.  Ia mengaku, tangan mekanik ini bisa membantu gerak di lengan kirinya yang menurutnya lumpuh.


I Wayan / manusia I RON MAN asal Bali

Yang hebat, Wayan mengaku, tangan robotnya ini bisa bergerak dengan pikirannya, sehingga hanya dia yang bisa menggunakanya. Setelah berita-berita soal Wayan dimuat di banyak media, banyak netizen yang memberi apresiasi luar biasa kepada pria asal Bali ini.
Tak sedikut pula yang menyebut bangga dengan kreasi anak negeri yang luar biasa.

Tapi, yang terbaru, tren media sosial berubah. Sejumlah netizen mulai meragukan keaslian cerita seorang Wayan ini.

Nah, salah satu netizen yang meragukan cerita Wayan itu adalah seorang pengguna Facebook dengan akun bernama M Asad Abdurrahman.



Menurut Asad, melihat foto rangkaian elektronik yang dipamerkan Wayan, dan difoto oleh media-media nasional, bisa diketahui bahwa rangkaian itu palsu.Inilah tulisan Asad di akun Facebook miliknya :
Sangat jelas kelihatan kalau itu hanya perangkat palsu untuk membuat hoax..
Di kanan bawah ada USB port, untuk apa pakai port begituan? lalu disamping USB port itu ada port audio pink dan hijau.. Ngapain ada port audio? buat denger mp3 dari tangannya?
Ini sudah kelihatan kalau dia hanya ambil bagian dari motherboard komputer.. Lalu port itu berdiri sendiri tanpa koneksi ke sirkuit apapun..
Juga perhatikan papan sirkuit (PCB) di kiri atas.. PCB itu sudah butek minta ampun, artinya itu rongsokan yang dia ambil dari tempat sampah, bukan buatannya sendiri..
Dari PCB itu kelihatan ada port PS/2 berwarna putih, jadi teridentifikasi PCB itu dari suatu device yang terkoneksi ke PC..
Lalu PCB merah di atas batere itu PCB mouse.
Yang jelas.. saya salut pada orang ini... dia berhasil membual dan banyak yang percaya...
Selain status ini, Asad juga membuat status lain, yang menegaskan bahwa tangan mekanik buatan Wayan itu tidak masuk akal.
Satu prinsip dasar dari teknik elektronika... Orang bisa saja memakai ulang komponen seperti resistor, kapasitor dll pada perangkat lain.
Tapi tidak demikain untuk PCB karena tiap perangkat mempunyai PCB yang berbeda.. PCB radio tidak bisadipakai di TV dan sebaliknya... Jadi kalau mau buat perangkat yang berbeda, maka harus mendesain PCB untuk perangkat tersebut... Got it?

Sebelumnya, Wayan mengaku punya tangan kiri yang lumpuh.  Tangan robot yang dirancang dari barang bekas dipasang pada bagian tangan kirinya.

“Tangan kirinya saya lumpuh. Nggak bisa bergerak sama sekali. Tangan robot ini saya rancang, agar bisa bekerja seperti manusia biasa. Tangan robot ini berkerja hanya diperintah oleh fikiran,”jelas Sumardana kepada Tribun Bali.

Tangan robot akhirnya dirancangnya dari barang rongsokan.

“Komponennya dari shock sepeda motor, gir, serta perangkat elektronik komputer rongsokan. Yang beli hanya dorn sebagai alat pengerak yang terhubung dengan fikiran". "Harganya sebesar Rp 4.700.000,” tambahnya.

Tangan robot itu, diklaim oleh Wayan, hanya digerakkan dengan pikiran semata.

Ia menjelaskan : "Pikiran terhubung langsung dengan dorn yang terpasangan di kepala. Dorn yang terpasang dibagian kepala disusun dengan rumus numeric, yang bersumber dari sinyal. Selain rumus numeric, rangkaian alfabet tersusun didalam dorn tersebut,"

“Alat ini tak bisa digunakan oleh orang lain. Yang bisa hanya saya sendiri, dan itu sudah pernah dicoba. Tapi jika seseorang membutuhkan, saya bisa merangkainya,” terang Wayan Sumardana.

Nah, apakah tangan canggih itu memang berfungsi sebagaimana pengakuan Wayan? Ataukah ia hanya berbohong ?
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Teknologi Robot I Wayan Si "Iron Man" Bohongan? Simak Ulasannya"

 
Copyright © 2015 Furadi.com - All Rights Reserved
Powered By Azizmedia
Back To Top