promo

Jokowi Tekan Agar Tak Tergantung Dolar AS! Dunia Cengang! Beraninya Indonesia

Indonesia saat ini masih tergantung terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Kondisi ini sangat berisiko terhadap pergerakan nilai tukar.

Bila permintaan dolar melonjak di dalam negeri, rupiah pasti akan langsung melemah. Padahal ada mata uang asing yang bisa digunakan sebagai pengganti dolar AS, khususnya untuk perdagangan.


Presiden Jokowi di World Economic Forum

Contohnya mata uang China, yuan, yang baru saja dinobatkan sebagai mata uang Internasional. Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro memastikan pemerintah serius untuk mewujudkan hal tersebut. Pembicaraan dengan pemerintah China juga cukup intensif dilakukan.

‎Bambang menjelaskan kepada detikFinance tentang upaya mengurangi ketergantungan terhadap dolar AS dalam wawancara khusus di sela-sela menghadiri acara Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) di Beijing, China.

Berikut kutipan wawancaranya: 

Tentang upaya mengurangi ketergantungan terhadap dolar AS, bagaimana perkembangannya?


Waktu bilateral meeting dengan Menkeu China, saya sampaikan bahwa Indonesia berkeinginan untuk mengaktifkan rupiah-yuan trading untuk keperluan perdagangan. Sebenarnya, sudah ada di bilateral currency swap agrement (BCSA) sudah ada US$ 5 miliar, tapi belum jalan karena dianggap cost-nya terlalu tinggi. Jadi saat kita mau perpanjang BCSA bisa negosiasilah supaya tarifnya nggak ketinggian. Jadi orang mau pakai yuan. Kalau terlalu tinggi, nanti pakai dolar lagi kan.

Bagaimana respon pemerintah China‎?


Kalau mereka melihat ini sebagai kepentingan internasional, harusnya mereka bisa support lah. Diharapkan nanti trading kita bisa menggunakan yuan. Jangan lagi ketika impor naik membuat dolar naik dan rupiah tertekan.

Apa memang yuan berpeluang besar menggeser dolar AS?

Makanya dengan China masuk ini harapannya adalah ada pesaing yang lebih asli, kan ekonomi China itu size-nya gede. Sekarang GDP terbesar kedua setelah AS. Wajar kalau yuan jadi hard currency.

‎Sebelumnya apakah tidak ada yang mencoba mengalahkan dolar AS?


Sekarang semua negara bergantung kepada dolar AS. Hegemoni dolar itu sudah pernah dilawan dengan euro. Kenapa eropa mati-matian gabung menjadi EU dengan mata uang euro. Cuma satu idenya, menyaingi Amerika Serikat. Diharapkan dengan EU size-nya bisa mengalahkan AS dan mata uangnya menyaingi dolar.

Bagaimana hasilnya kemudian?


Itu nggak 100% berhasil. Dengan masalah Yunani dan negara lain. Nggak gampang menyatukan mata uang, dengan ekonomi yang beda-beda. Kalau AS kan satu negara.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Jokowi Tekan Agar Tak Tergantung Dolar AS! Dunia Cengang! Beraninya Indonesia"

 
Copyright © 2015 Furadi.com - All Rights Reserved
Powered By Azizmedia
Back To Top